Pembangunan Jalan Usaha Tani di Padasan Jadi Penggerak Ekonomi Pedesaan

  • Nov 17, 2023
  • Padasan

Pembangunan Jalan Usaha Tani di Padasan Jadi Penggerak Ekonomi Pedesaan

PADASAN - Pemerintah Desa (Pemdes) Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, melakukan pembangunan berkelanjutan jalan usaha tani (JUT) dan prasarana jalan di wilayah setempat. 

Kepala Desa Padasan, H. Toyo mengatakan, pembangunan infrastruktur ini untuk meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.

“Ini sebagai penggerak ekonomi pedesaan warga sini,” ungkapnya menegaskan, Selasa (14/11/2023).

Pembangunan JUT beserta prasarana jalan tersebut dilakukan mulai bulan Juli-September 2023. Rinciannya, JUT sepanjang 397 meter dan prasarana jalan meliputi tanggul penahan tanah dan saluran air sepanjang 555 meter.

“Seluruh proses Pembangunan JUT dan prasarana jalan tersebut bersumber dari dana desa yang dalam pembangunanya dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal, serta dikerjakan oleh masyarakat sekitar guna menyerap pekerja lebih banyak,” tegas Kades Padasan.

Dikonfirmasi di tempat terpisah bahwa Pembangunan JUT ini sangat berdampak positif bagi ekonomi Masyarakat sekitar.

‘’ iya pak jalan ini sangat bermanfaat bagi petani cocok untuk angkut hasil panen jagung saya’’ imbuh kastom petani warga sekitar.(pds2)